Senin, 31 Oktober 2011

KONFIGURASI DAN INSTALASI DHCP



Back with me agaiiiiinnn…^_^
Hedeehh emank klok uda kuliah tu ya nda ada kata santai buat tugas2..ckckckck, kayak yang kali ini nuuii aku ada tugas lagi, sekarang soal DHCP, nda usah banyak cong cing yaa let’s begin :

INSTALASI DAN KONFIGURASI DHCP

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah konfigurasi otomatis protokol yang digunakan pada jaringan IP. Komputer yang terhubung ke jaringan IP harus dikonfigurasi sebelum mereka dapat berkomunikasi dengan komputer lain pada jaringan. DHCP memungkinkan komputer harus dikonfigurasi secara otomatis, menghilangkan kebutuhan untuk intervensi oleh administrator jaringan.Ini juga menyediakan database pusat untuk melacak komputer yang telah terhubung ke jaringan. Hal ini mencegah dua komputer dari sengaja menjadi dikonfigurasi dengan alamat IP yang sama.



Selain dapat menyediakan alamat dinamis kepada klien, DHCP Server juga dapat menetapkan sebuah alamat statik kepada klien, sehingga alamat klien akan tetap dari waktu ke waktu.
Catatan: DHCP server harus memiliki alamat IP yang statis.

DHCP Lease

DHCP Lease adalah batas waktu penyewaan alamat IP yang diberikan kepada DHCP client oleh DHCP Server. Umumnya, hal ini dapat dikonfigurasikan sedemikian rupa oleh seorang administrator dengan menggunakan beberapa peralatan konfigurasi (dalam Windows NT Server dapat menggunakan DHCP Manager atau dalam Windows 2000 ke atas dapat menggunakan Microsoft Management Console [MMC]). DHCP Lease juga sering disebut sebagai Reservation.

[sunting]DHCP Options

DHCP Options adalah tambahan pengaturan alamat IP yang diberikan oleh DHCP ke DHCP client. Ketika sebuah klien meminta alamat IP kepada server, server akan memberikan paling tidak sebuah alamat IP dan alamat subnet jaringan. DHCP server juga dapat dikonfigurasikan sedemikian rupa agar memberikan tambahan informasi kepada klien, yang tentunya dapat dilakukan oleh seorang administrator. DHCP Options ini dapat diaplikasikan kepada semua klien, DHCP Scope tertentu, atau kepada sebuah host tertentu dalam jaringan.
Dalam jaringan berbasis Windows NT, terdapat beberapa DHCP Option yang sering digunakan, yang dapat disusun dalam tabel berikut.
Nomor DHCP OptionNama DHCP OptionApa yang dikonfigurasikannya
003RouterMengonfigurasikan gateway baku dalam konfigurasi alamat IP. Default gateway merujuk kepada alamat router.
006DNS ServersMengonfigurasikan alamat IP untuk DNS server
015DNS Domain NameMengonfigurasikan alamat IP untuk DNS server yang menjadi "induk" dari DNS Server yang bersangkutan.
044NetBIOS over TCP/IP Name ServerMengonfigurasikan alamat IP dari WINS Server
046NetBIOS over TCP/IP Node TypeMengonfigurasikan cara yang digunakan oleh klien untuk melakukan resolusi nama NetBIOS.
047NetBIOS over TCP/IP ScopeMembatasi klien-klien NetBIOS agar hanya dapat berkomunikasi dengan klien lainnya yang memiliki alamat DHCP Scope yang sama.
Sebuah server dhcp tradisional Linux disebut dhcp.











1. Well then, jadi kita perlu menginstal dhcp3-server.Here we go :
















2. Nah,sekarang dhcp3 server kita gagal.Mari kita lihat dimana kesalahannya :




3. Jadi kita belum mengkonfigurasi konfigurasi dhcp.Ok sekarang mari kita mengkonfigurasi file dhcp konfigurasi.konfigurasi dhcp adalah /etc/dhcp3/dhcpd.cof.Berikut ubuntu default ubuntu file /etc/dhcp3/dhcpd.cof :


























4. Jika belum terjadi perubahan apa pun.Kita perlu backup file untuk mengatasi hal buruk yang terjadi. Gunakan perintah cp Linux untuk menduplikat file sebagai berikut :






5. Sekarang kita dapat mengedit file dengan teks editor favorite kita. Berikut contoh dhcp.conf sederhana :
















6. Ubah domain dan IP saja untuk di atas.Ketika kita selesai,restart lagi layanan dhcp kita.Dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :





KESIMPULAN
Jika gagal lagi, maka ada yang salah pada dhcp.conf ,kesimpulannya Pada sebagian besar berbasis rumah jaringan, server DHCP tidak diperlukan karena DSL router / firewall biasanya memiliki kemampuan DHCP, tetapi merupakan proyek yang menarik untuk mencoba. Hanya ingat untuk memastikan bahwa kisaran alamat IP yang dikeluarkan oleh semua server DHCP pada jaringan tidak tumpang tindih karena mungkin bisa menyebabkan kesalahan tak terduga. Anda mungkin ingin menonaktifkan router / firewall DHCP 's kemampuan server untuk bereksperimen dengan server Linux Anda yang baru.
Sebuah server DHCP dapat sangat berharga dalam lingkungan kantor dimana waktu dan biaya mendapatkan seorang insinyur jaringan untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan dapat membuat lebih mudah bagi administrator sistem Linux untuk melakukannya sendiri.


Referensi :
1. http://technorody.wordpress.com
2. http://www.cyberciti.biz/tips/howto-ubuntu-linux-convert-dhcp-network-configuration-to-static-ip-configuration.htm
3.http://www.randombugs.com/linux/linux-isc-dhcp-server-debian-ubuntu.html

### okaayyy that's it all about dhcp, aku sii cum' bisa posting segitu aja alnya cum' itu yg aku tau hehehe ^_^
hope u all could helped with my posting...see my blog as often as u want ^_^v


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Powered By Blogger