Rabu, 12 Oktober 2011

KONFIGURASI FTP SERVER DAN TELNET


FTP SERVER

FTP Server adalah protokol TCP untuk menguploading dan mendownload file antara komputer-komputer.FTP bekerja pada model client/server,komponen server disebut FTP Daemon, yang secara terus menerus memahami permintaan FTP dari remote client. saat permintaan diterima, protokol ini menmgatur masuknya dan mengatur koneksi. Untuk sesi durasi,protokol ini melaksanakan beberapa command yang dikirim oleh FTP client.
Mengakses ke FTP Server dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :
·         Anonymous
·         Authenticated
Pada mode Anonymous remote client dapat mengakses FTP Server dengan menggunakan account user default yang disebut 'anonymous' atau'ftp' dan mengirim alamat email sebagai password. Pada mode Authenticated user harus mempunyai sebuah account dan password. User mengakses ke directory FTP Server dan file yang tergantung pada izin untuk menggunakan account saat login. Peraturan umum, FTP daemon akan menyembunyikan root directory dari FTP Server dan merubahnya menjadi FTP home directory.
vsftpd - FTP Server Installation
FTP Server adalah FTP daemon yang tersedia di Ubuntu. Ini sangat mudah diinstall, diatur dan dirawat. Untuk menginstall vsftpd Anda dapat menjalankan command berikut :


dan outputnya :












vstftpd - FTP Server Configuration

Anda dapat mengedit file konfigurasi vsftpd, /etc/vsftpd.conf untuk mengubah pengaturan default.Dengan default anonymous saja FTP mengizinkan. Jika Anda berharap untuk menonaktifkan pilihan ini Anda harus mengubah garis berikut :


ke





Dengan default sistem local pengguna tidak diizinkan untuk login ke FTP server. Untuk mengubah pengaturan ini Anda harus mengetik sebagai berikut :




Dengan default sistem local pengguna diizinkan untuk login ke FTP server. Mereka tidak diizinkan untuk mengupload file ke FTP server. Untuk mengubah pengaturan ini, Anda harus mengetik sebagai berikut :





File konfigurasi berisi beberapa parameter konfigurasi.Informasinya mengenai masing-masing parameter yang tersedia di file konfigurasi. Alternatif Anda dapat beralih ke halaman man,  man 5 vsftpd.conf untuk lebih jelas dari masing-masing parameter.
sesekali Anda mengkonfigurasi vsftpd Anda dapat memulai daemon. Anda dapat menjalankan command untuk menjalankan vsftpd daemon :






untuk merestart vsftpd Anda dapat mengcommand :





Outputnya :








Berikut video untuk konfigurasi FTP Server :





TELNET

Telnet digunakan untuk melakukan login secara remote dari tempat/komputer lain melalui jaringan (dengan hubungan TCP/IP menggunakan port 23). Dengan menggunakan telnet maka kita seolah-olah berada di depan komputer yang kita inginkan/kita tuju. Kita akan melakukan prosedur sama seperti jika melakukan login secara lokal yaitu mengisi nama login dan password. Syarat yang harus dipenuhi cukup sederhana yaitu komputer clien harus sudah terinstal aplikasi telnet dan komputer server harus terinstal aplikasi telnet dan telnet server. Salah satu yang menjadi permasalahan penggunaan applikasi telnet adalah kurang terjaminnya keamanan karena informasi tentang userid dan password ini dikirimkan melalui jaringan komputer secara terbuka/plain text tanpa enkripsi. Akibatnya ada kemungkinan seorang yang nakal melakukan sniffing dengan software sniffer dan mengumpulkan informasi tentang pasangan userid dan password ini. Meskipun cara ini biasanya membutuhkan akses “root” ada baiknya kita menghindari hal tersebut, dengan mendisable fasilitas telnet misalnya.Tujuan

1. Install telnet dengan command berikut :




2. Edit /etc/inetd.conf menggunakan file editor favorite Anda dengan izin root, tambahan line ini :





3. Edit /etc/xinetd.conf














4. Edit etc/xinetd.d/telnet

















Referensi :





Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Powered By Blogger